Selama ini kita hanya mendengar e-marketing tapi tahukah
kita apa itu marketing, bagaiman Strategi kerjanya, apa untungnya dan apa
kerugiannya, dibawah ini akan saya jelaskan satu persatu
1.Pengertian
e-Marketing
e-Marketing atau electronic-Marketing adalah bagain dari e-Business yang
memanfaatkan medium elektronik untuk melakukan aktivitas marketing dalam upaya
mencapai tujuan marketing.
Kegiatan marketing Internet
umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan
produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat
marketing atau copywriting. Marketing
internet atau e-marketing ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain
web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat
mesin pencari informasi (mesin pencari), surat
elektronik atau e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat
(email advertising), marketing afiliasi (affiliate marketing), advertensi
interaktif (interactive advertising), dll.
2. Strategi e-Marketing
Berikut ini adalah strategi yang bisa kita lakukan dalam melakukan e-marketing
§
Search
Engine Optimization
Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah prosedur yang berhubungan dengan internet menarik lalu lintas ke situs Web Anda sebanyak mungkin. SEO termasuk mengoptimalkan situs web Anda sedemikian rupa sehingga situs Anda akan digolongkan pada halaman awal pencarian. Hal ini dilakukan dengan menggunakan frase kata kunci bahwa pengguna umumnya dimasukkan ke dalam mesin pencari Internet untuk mencari suatu produk atau jasa tertentu.
Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah prosedur yang berhubungan dengan internet menarik lalu lintas ke situs Web Anda sebanyak mungkin. SEO termasuk mengoptimalkan situs web Anda sedemikian rupa sehingga situs Anda akan digolongkan pada halaman awal pencarian. Hal ini dilakukan dengan menggunakan frase kata kunci bahwa pengguna umumnya dimasukkan ke dalam mesin pencari Internet untuk mencari suatu produk atau jasa tertentu.
§
Banner Advertisement (iklan melalui banner)
Adalah file grafis (dengan
beberapa ukuran yang di beri satuan pixels) yang dipasangkan pada website penyedia
iklan. Iklan banner digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website
anda dan tentu saja harus disajikan semenarik mungkin untuk memancing calon
pembeli yang akan membeli produk anda.
§ Sponsorship
Anda bisa melakukan kegiatan
tersebut untuk memancing calon pembeli, sama dengan tujuan poin di atas.
§ Classified
Listings (daftar produk terklasifikasi)
Seperti halnya pada klasifikasi
di surat kabar, klasifikasi online ini merupakan cara yang sangat baik
untuk memasang bisnis anda di depan orang-orang yang siap untuk membeli
produk anda. Kekuatan dari klasifikasi online daripada klasifikasi offline
ialah, user dapat mencari produk dengan cepat melalui form pencarian yang sudah
terindeks dalam basis data.
§ Email
Marketing (pemasaran melalui email)
Pada email marketing dapat
dilakukan dengan 3 cara, yaitu: Cara pertama, dengan meletakkan iklan atau
sebuah pesan di dalam email newsletter orang lain. Contoh, ketika anda menerima
sebuah newsletter dari perusahaan online A, terdapat pesan pengiklan, semacam
banner. Ini adalah caran yang sangat dahsyat untuk mentarget calon pembeli
anda.
Cara kedua adalah, dengan secara
langsung mendistribusikan email anda kepada calon customer, yaitu berupa email
penawaran biasa maupun dalam bentuk newsletter. Sampaikan informasi tentang
produk yang ditawarkan tanpa kesan paksaan, sehingga calon konsumen dapat
melakukan keputusan yang terbaik terhadap produk anda. Tapi ingat, anda tidak
boleh melakukan spam. Cara ketiga, yaitu dengan menyediakan fasilitas email
subsriber pada situs anda. Jika pengunjung situs melakukan pendaftaran email
subsriber melalui situs anda, maka setiap kali anda melakukan update atau
posting artikel maupun produk di website tersebut, maka pendaftar tersebut akan
mendapat email notifikasi dan isi dari apa yang anda update. Anda dapat
menggunakan RSS feed burner.
§ Partnership
/ Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi)
Para pengiklan yang menjual
produknya secara online dapat membangun jaringan afiliasi, yaitu melibatkan
orang lain dalam penjualan produk.
3. Keuntungan e-Merketing
Berikut ini adalah keuntungan yang diperoleh
bila kita menjalankan e-marketing
- Pengurangan biaya melalui otomatisasi dan penggunaan media elektronik
- Respon yang lebih cebat baik untuk end user maupun bagi marketer
- Adanya kemampuan untuk pengukuran dan pemgumpulan data
- Personalisasi
- Memungkinkan adanya interaksi
4. Kerugian
e-Markrting
Selain memiliki keuntungan e-marketing juga
ada kerugiannya, yaitu adalah
- Ketergantungan pada teknologi
- Isu keamanan dan privasi
- Adanya biaya pemeliharaan karena teknologi yang terus berkembang
- Akses teknologi yang belum merata terutama di Indonesia
- Transparansi harga sehingga mengakibatkan meningkatnya kompetisi harga
- Kompetisi global
Jadi
bagaimana menurut anda, tertarik atau tidak. Tapi saya rasa tidak ada salahnya
kita mencoba.
No comments:
Post a Comment